Cara Mempercepat Koneksi Internet


Pernahkah anda merasa jengkel ketika anda sedang ingin membuka e-mail, membuka facebook, dan lain sebagainya? Ketika sedang ingin menggunakan internet, lalu kemudian anda tidak bisa menggunakan internet dikarenakan jaringan internet yang lambat? Hal ini juga saya pernah dan sering saya rasakan. Dan saya rasa sebagian besar pengguna internet di Indonesia juga merasakan hal yang sama. Lalu kemudian muncullah pertanyaan di benak kita mengapa jaringan internet kita begitu lambat? Apa penyebab koneksi internet kita menjadi sangat lambat? Apakah ada cara untuk mempercepat koneksi internet kita? Sudah beberapa kali saya mencari solusi untuk mengatasi masalah saya ini, tapi tidak pernah mendapatkan jalan keluarnya. Semua cara yang saya ketahui untuk mempercepat koneksi internet yang lambat sudah saya lakukan. Mulai dari memakai software, mengutak atik pengaturan internet di komputer, bahkan sampai menelepon operator ISP, tapi tetap saja jaringan internet saya masih saja lambat. Jadi saya pribadi menyimpulkan bahwa tidak ada cara untuk mempercepat koneksi internet kita.

Koneksi internet kita tergantung dari ISP atau penyedia jasa internet yang kita pakai.

Mengapa demikian? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet kita, dan yang paling penting adalah faktor kepadatan pengguna/pemakai internet di suatu wilayah. Selain itu kecepatan internet juga dipengaruhi oleh faktor teknologi yang tersedia pada wilayah tertentu, teknologi yang dipakai oleh ISP, topografi, lokasi penggunaan, perangkat/teknologi yang kita gunakan, dan jenis layanan/paket internet yang digunakan. Mengapa faktor kepadatan pengguna begitu sangat menentukan dan berpengaruh pada kecepatan internet kita? Coba bayangkan jaringan internet itu ibarat sebuah pipa air PDAM, yang dalam istilahnya disebut dengan bandwidth. Ketika pipa tadi digunakan oleh banyak konsumen dan/atau pipa yang digunakan oleh produsen itu pipa kecil, maka air yang mengalir ke masing-masing konsumen pun akan menjadi lambat dan berkurang. Seperti itulah kira-kira gambarannya. Jadi secanggih apapun teknologi ISP sekarang, mau itu menggunakan teknologi jaringan 3G, 3,5G, 3,75 G, EVDO rev A, EVDO rev B, sampai katanya kecepatannya bisa sampai 3,1 Mbps, 9,3 Mbps, bahkan 14,7 Mbps. Tapi selama jumlah penggunanya sudah tidak seimbang dengan teknologi yang digunakan oleh ISP, maka tetap saja jaringan internet akan lambat. Kita takkan pernah mendapatkan kecepatan maksimal seperti yang digembar gemborkan atau dijanjikan oleh ISP di iklannya.

Jadi kesimpulannya untuk mempercepat koneksi internet adalah kembali kepada ISP yang digunakan, apakah ISP tadi memang benar-benar ingin memberi kualitas internet seperti yang dijanjikan di iklannya sekaligus mencari keuntungan pastinya, atau hanya ingin mencari keuntungan semata dan ingin menipu para pelanggannya.

Karena mahal belum tentu akan selalu bagus, akan tetapi yang murah pun biasanya selalu buruk. Jadi hemat saya pilihlah ISP atau jasa penyedia internet yang memiliki pengguna yang tidak terlalu banyak.

0 comments:

Posting Komentar