Tips Membawa Bayi atau Anak Kecil Naik Pesawat


Ingin mengajak si kecil atau bayi anda liburan atau bepergian dengan pesawat? Sebenarnya kapan sih bayi sudah boleh naik pesawat? Ada baiknya membaca tips-tips berikut ini:
  1. Bayi tidak sedang pilek. Kalau bayi sedang pilek, lebih baik ditunda dulu jadwal penerbangannya. Atau meminta obat tetes dari dokter untuk diteteskan ke hidung bayi.
  2. Pilih jadwal penerbangan sesuai jam istirahat bayi. Jadwal pesawat paling pagi atau penerbangan malam biasanya lebih nyaman bagi si bayi karena si bayi bisa tidur selama perjalanan di pesawat.
  3. Dalam penerbangan jarak jauh, biasanya disediakan tempat tidur bayi (bassinet) di pesawat. Coba tanyakan dan minta disediakan saat memesan tiket. Bassinet ini berguna agar bayi dapat istirahat dengan nyaman, tanpa perlu digendong bunda selama perjalanan.
  4. Saat pesawat take off dan landing, kondisikan bayi melakukan aktivitas menelan atau mengunyah. Susui bayi atau beri minum. Kalau usianya sudah lebih besar, boleh juga makan cemilan seperti biskuit. Karena pada keadaan ini tekanan udara di dalam pesawat cepat berubah dan organ di dalam telinga belum cukup waktu untuk menghadapi perubahan tekanan udara yang lumayan drastis.
  5. Bawa cairan tetes hidung yang mengandung garam fisiologis (bisa dibeli di apotik atau dengan resep dokter). Hal ini berguna apabila tiba-tiba bayi mengalami pilek atau hidung mampet (karena suhu dingin di dalam pesawat). Hidung mampet dapat membuat telinga bayi terasa sakit saat terbang, sehingga perlu diteteskan cairan garam tersebut agar bayi tetap dalam keadaan nyaman.
  6. Sebaiknya bayi mengenakan baju yang nyaman dan cukup hangat. Karena suhu dalam pesawat kadang dingin sekali, apalagi kalau harus menempuh perjalanan jauh. Ada baiknya juga mengoleskan minyak telon yang dapat memberi kehangatan.
  7. Secara psikologis juga harus disiapkan, ceritakan si kecil tentang pengalaman baru naik pesawat walaupun mungkin dia belum mengerti. Bunda juga perlu merasa tenang agar si kecil juga ikut tenang.
  8. Dan yang terakhir pastinya tak lupa berdo'a agar selama dalam perjalanan tidak ada hambatan dan tiba dengan selamat.
Jika memang nantinya bayi anda rewel bahkan menangis ketika di dalam pesawat, hal ini biasanya karena bayi anda sedang merasa telinganya sakit, jangan panik ini dikarenakan perubahan tekanan udara di dalam pesawat. Hal yang perlu anda lakukan adalah tips no. 4 di atas yaitu kondisikan bayi melakukan aktivitas menelan atau mengunyah, atau bisa juga susui bayi atau beri minum. Sehingga bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa nyeri tadi pada telinga bayi anda.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak anda jika memang usia bayi anda belum cukup 3 bulan dan mesti bepergian dengan pesawat karena dampak yang mesti dikhawatirkan pada bayi ketika naik pesawat adalah rasa nyeri pada telinga bayi atau anak kecil, juga agar supaya indera pendengaran bayi tidak terganggu ketika beranjak besar nanti karena ketidaktahuan kita sebagai orang tua. Demikian tips membawa bayi/anak kecil naik pesawat kali ini. Semoga bermanfaat dan have a safe flight.

2 comments:

  1. Hidung mampet menghilangkannya mudah sekali, bisa menggunakan air panas, dan bisa gunakan sambil minum, atau uap dari air panas tersebut. Dan tentunya sebaiknya istirahat dulu bila memungkinkan, apa lagi hindari dari sinar-sinar smartphone, bisa-bisa tambah pusing.

    BalasHapus